Sanksi Pelanggaran Bagi Yang Tidak Mendahulukan Jalan Pada Konvoi Presiden

0

Sanksi Pelanggaran Bagi Yang Tidak Mendahulukan Jalan Pada Konvoi Presiden – Tentunya kita semua mengetahui terutama para pengendara yang sering melintasi jalanan ibukota bahwa ada peraturan yang mengatur prioritas pengguna jalan. Dimana prioritas tersebut merupakan hal yang harus didahulukan jika kendaraan dalam keadaan darurat atau kegentingan.

Sanksi Pelanggaran Bagi Yang Tidak Mendahulukan Jalan Pada Konvoi Presiden

Baca Juga: Peraturan Ekstrim Singapura Dengan Sanksi Luar Biasa

Namun banyak orang tidak mengetahui bahwa konvoi mobil kepresidenan pun harus didahulukan. Dan itulah yang seringkali menjadi perdebatan dan membuat banyak orang kesal. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita melhat beberapa pasal yang tertera dalam Undang  Undang Nomor 22 Tahun 2009. Lalu apa saja yang ada di peraturan undang undang tersebut, lalu apa sanksinya? Berikut ualasannya.

Sanksi Pelanggaran Bagi Yang Tidak Mendahulukan Jalan Pada Konvoi Presiden

Jika kita lihat kembali peraturan yang ada, disitu tertera bahwa pada pasal 134 di undang undang nomor 29 tahun 2009 pun tertulis. Dimana prioritas jalan diperuntukan bagi kendaraan yang sedang mengangkut orang sakit, pertolongan pada kecelakaan dan juga kendaraan kenegaraan baik lokal maupun asing. Maka dari itu, tidak selalu harus ambulan, pemadam kebakaran yang harus diprioritaskan.

Dan jika hal tersebut dilanggar tentu akan dikenakan sebuah sanksi pidana, dengan kurungan paling lama 1 bulan atau membayar denda sebesar 250 ribu. Maka dari itu, sangat disarankan untuk tetap mengikuti aturan yang ada. Meski memang terkadang hal tersebut membuat kita kesal karena bertambahnya kemacetan jalanan.

Namun, peraturan tetaplah peraturan yang harus ditaati oleh seorang warganegara. Dan sebagai wargaegara yang baik tentu kita harus menghindari sanksi pelanggaran bagi yang tidak mendahulukan jalan pada konvoi presiden seperti yang dijelaskan diatas, semoga bermanfaat.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.