Tips Agar Tubuh Tidak Terkejut dan Kekurangan Cairan Saat Puasa

0

Tips Agar Tubuh Tidak Terkejut dan Kekurangan Cairan Saat Puasa – Saat awal-awal puasa, tak heran tentunya jika tubuh kita akan merasa terkejut dengan pola yang berbeda dari biasanya. Ya, wajar saja karena kita akan menahan dahaga dan lapar hingga seharian, yang tentunya berbeda dengan keseharian saat tidak berpuasa.

Tips Agar Tubuh Tidak Terkejut dan Kekurangan Cairan Saat Puasa

Baca Juga: Tips Ringan Berpuasa Saat Berlibur Ke Negeri Orang

Dan melalui kondisi tersebut, sudah jelas jika tubuh kita tidak akan mendapatkan asupan makanan hingga cairan mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Pada saat tersebutlah tubuh akan melakukan penyesuaian hingga akan terbiasa pada nantinya. Lantas, apa saja tips agar tubuh tidak terkejut dan kekurangan cairan saat puasa? Berikut ini adalah ulasannya.

Tips Agar Tubuh Tidak Terkejut dan Kekurangan Cairan Saat Puasa

  1. Makan Dalam Porsi Kecil

Yang dimaksud dalam poin ini adalah kesampingkan jumlah porsi makanan, namun perhatikan nilai gizi dari makanan yang dikonsumsi. Ada baiknya jika kita makan dalam porsi kecil namun dengan kandungan gizi yang lengkap. Dengan begitu, tubuh akan lebih cepat menyesuaikan dan terbiasa dengan tingkat atau kadar kalori yang rendah.

  1. Berhenti Ngemil

Tidak sedikit kalangan yang lebih memilih ngemil saat malam hari di bulan Ramadhan. Tidak harus menghentikan kebiasaan tersebut sekaligus, namun Anda dapat mengganti jenis camilan dengan yang lebih sehat seperti buah-buahan segar, kurma, hingga kacang-kacangan.

  1. Hindari Konsumsi Kafein

Jika Anda adalah seseorang yang selalu terbiasa mengkonsumsi kaferin dalam keseharian, maka sebaiknya hindari terlebih dahulu konsumsi kafein saat bulan Ramadhan. Pasalnya, sekaligus berhenti mengkonsumsi kafein dapat memicu sakit kepala saat berpuasa. Dan alangkah baiknya, Anda mengurangi konsumsi kafein sebelum menjalankan ibadah puasa agar terbiasa.

  1. Istirahat Teratur dan Berolahraga

Tidak hanya jadwal makan yang berubah saat puasa, namun aktivitas kita pun sedikit berubah karena harus bangun lebih pagi untuk makan sahur. Maka dari itu untuk menjaga kesehatan tubuh, Anda dapat tidur lebih awal dan juga aturlah waktu istirahat Anda sebaik mungkin.

Selain itu, jangan lupakan juga aktivitas menyehatkan seperti berolahraga saat sedang berpuasa. Tidak perlu melakukan ragam olahraga berat, namun Anda dapat mencoba ragam olahraga ringan seperti jalan kaki, senam yoga, bersepeda, dll.

Sangat mudah dan simple bukan? Ya, itulah beberapa tips agar tubuh tidak terkejut dan kekurangan cairan saat puasa di bulan Ramadhan. Kendati berpuasa selama satu hari penuh, namun bukan berarti kita harus bermalas-malasan dan memangkas berbagai macam rutinitas yang biasa kita lakukan sehari-hari.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.