Menu Sahur dan Berbuka Puasa untuk yang Sedang Diet

0

Menu Sahur dan Berbuka Puasa untuk yang Sedang Diet – Bulan puasa adalah salah satu waktu yang paling tepat untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan atau diet. Dikatakan tepat karena seperti yang kita ketahui bersama, bahwa saat berpuasa kita hanya dapat makan hingga dua kali perhari saja.

Menu Sahur dan Berbuka Puasa untuk yang Sedang Diet

Baca Juga: Tips Ringan Berpuasa Saat Berlibur Ke Negeri Orang

Selebihnya, kita dituntut untuk menahan lapar dan dahaga selama seharian penuh. Melalui kondisi tersebut, maka sudah tentu kita akan lebih mudah mengontrol asupan makanan. Untuk itulah sebaiknya kita mengetahui beragam referensi menu sahur dan berbuka puasa untuk yang sedang diet. Apa saja menunya? Berikut ini ulasannya.

Menu Sahur dan Berbuka Puasa untuk yang Sedang Diet

  1. Menu Saat Makan Sahur

Pada dasarnya, tubuh kita akan membutuhkan minimal 1200 kalori perhari untuk menjaga fungsi-fungsi normal tubuh. Maka dari itu, Anda dapat mengurangi asupan kalori sebanyak 500 kalori untuk memperoleh penurunan berat badan hingga 1 kg perminggu. Namun ingatlah jangan terlalu berlebihan. Dan berikut ini adalah menu yang dianjurkan untuk makan sahur :

  • Contoh 1 : Ayam panggang sebanyak 1 porsi (kira-kira 100 kalori), tahu dan scrambled egg (155 kalori), jagung kukus 300 gr, bayam, dan brokoli (190 kalori), salad buah-buahan 100 gr (100 kalori).
  • Contoh 2 : Kentang rebus beserta kulitnya 1 buah (90 kalori), jagung 300 gr, tumis buncis, dan wortel (190 kalori), steak daging 60 gram (200 kalori), dan salad buah-buahan sebanyak 100 gr (100 kalori.
  1. Menu Saat Berbuka Puasa

Saat berbuka puasa maka sebaiknya mengkonsumsi makanan yang lebih mudah diserap tubuh. Dengan beigtu, energi yang hilang saat berpuasa akan pulih kembali dengan cepat saat berbuka puasa. Dan berikut ini adalah beberapa contoh menu makanan sehat untuk berbuka puasa :

  • Contoh 1 : Teh manis dengan 1 sendok makan gula (37 kalori), roti sandwich menggunakan daging asap dan keju (300 kalori), kurma 3 buah (50 kalori).
  • Contoh 2 : Sirup sebanyak 3 sendok makan (111 kalori), salad buah-buahan 250 gr (250 kalori), dan kurma 3 buah (50 kalori).
  • Contoh Makan Malam : Nasi merah sebanyak 100 gr (175 kalori), ayam panggang tanpa kulit sebanyak 1 porsi (kira-kira 100 kalori), pepes tahu 100 gr (80 kalori), sayur bayam merah menggunakan jagung sebanyak 150 gr (120 kalori), buah mangga 3 buah (50 kalori).

Itulah beberapa contoh menu sahur dan berbuka puasa untuk yang sedang diet. Agar pembagian kalori seimbang, maka sebaiknya Anda membagi jumlah kalori pada saat makan sahur dan berbuka puasa melalui perhitungan menu seperti contoh di atas.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.